Rabu, 02 September 2015

Daerahku Tercinta Banjarmasin



          Banjarmasin terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin memang kota yang tidak terlalu besar tetapi memiliki budaya yang beragam. Budaya Banjar dapat dilihat di kehidupan sehari-hari masyarakat Banjar dalam bentuk
kesenian, tarian, musik, pakaian, permainan, dan upacara tradiosanal. Dari berbagai macam jenis kesenian, tarian, dan musik hanya beberapa yang terkenal dan orang tau contohnya: -Madihin –Mamanda –Japen –Balamut –Hadrah –Musik Panting –Upacar Maarak Pengantin –Bamandi-mandi –Maayun Anak –Tari Baksa Kambang –Tari Baksa Lilin – Tari Kula Gepang dll.
          Selain berbagai beragam kebudayaan Banjarmasin juga memilki berbagai macam Kuliner khasnya. Tak lengkap memang berkunjung ke Banjarmasin jika tidak mencoba masakan-masakan khas Banjar seperti: -Lontong Banjar –Soto Banjar –Laksa –Ketupat Kandangan –Nasi Kuning –Masak Habang –Mandai –Saluang Besanga –Urap –Gangan Kaladi dan banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya berbagai masakan saja Banjarmasin juga memiliki berbagai macam kue atau dalam bahasa Banjar disebut “wadai”. Macam-macam wadai tersebut meliputi: -Bingka –Bingka Berandam –Kakarapan –Putri Salat –Hintalu Karuang –Apam Paranggi –Untuk-untuk –Cincin –Kue Lam dsb.

            Banjarmasin juga memiliki berbagai tempat-tempat yang menjadi ikon kota tersebut. Mulai dari Pasar Terapung Muara Kuin yang terletak di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalsel yang sudah sangat terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Selain pasar terapung, terdapat Masjid Sabilal Muhtaddin yang menjadi masjid yang merupakan masjid terbesar di Banjarmasin, Taman Siring yang menjadi tempat untuk bersantai bersama keluarga maupun teman-teman, dan Menara Pandang yang baru saja dibangun dan diresmikan pada tahun 2014 yang lalu. Selain beberapa hal yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi hal-hal yang menarik dan istemawa dari Kota Banjarmasin.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar